Header Ads

Berita Terbaru
recent

12 Hal-hal yang Bisa Mengejutkan Ibu Hamil Anak Pertama

Berikut ini ada Hal-hal yang Bisa Mengejutkan Ibu Hamil Anak Pertama, semoga bisa menjadi panduan agar tak panik ketika mengalaminya.

1.          Morning Sickness Yang Tak Terbayangkan

Berpikir morning sickness itu mual dan muntah yang biasa-biasa saja? Pikir lagi! Karena banyak ibu hamil yang mengeluhkan trimester pertama kehamilan saking beratnya morning sickness yang dirasakan.

Bukannya menakut-nakuti, justru para ibu hamil harus bangga dengan perjuangan luar biasa yang dihadapinya, setiap kesakitan akan digantikan Allah dengan kebaikan di dunia dan akhirat, tentu saja para suami harus lebih siaga dalam menjaga istri.

2.       Mual Dan Muntah Ketika Menyikat Gigi

Ada beberapa ibu hamil yang akan mual hebat setiap kali akan menyikat gigi, ini membuatnya rentan terkena gigi berlubang karena menyikat gigi sekadarnya atau tergesa-gesa.
Tak perlu heran, hal ini lumrah terjadi, sebaiknya tetaplah melakukan sikat gigi dengan baik dan benar dan berkumurlah dengan air matang untuk mereduksi rasa mual.

3.       Semakin Sering Lapar Atau Justru Kehilangan Selera Makan

Tidak semua ibu hamil kehilangan selera makannya, ada yang justru akan merasa lapar tiap 2 jam sekali, akan tetapi ketika mulai makan justru cepat merasa kenyang. Cara menyiasatinya adalah dengan makan porsi sedikit namun durasi sering.

Sedangkan untuk ibu hamil yang kehilangan selera makan karena terlalu sering mual muntah, sebaiknya cari tahu makanan atau minuman apa yang masih bisa masuk, apakah jus buah segar, atau sayur-sayuran segar masih bisa dikonsumsi? Karena berbahaya sekali jika tidak memperoleh asupan sama sekali selama hamil muda.

4.       Makin Mudah Terserang Masuk Angin

Hampir tiap hari ibu hamil akan merasakan badannya penuh dengan angin, biarpun sudah dipijat (bagian atas saja), dikerok (bagian atas saja), tetap saja masuk angin akan terus dirasakan dan hal ini tak perlu membuat ibu hamil merasa tertekan.

5.       Makin Sering Buang Air Kecil

Tak perlu kaget jika tiap beberapa menit ada perasaan ingin buang air kecil, bahkan minum sedikit sekalipun tetap ada perasaan ingin beser. Bersabarlah karena ini salah satu ujian kesabaran untuk ibu hamil di trimester kedua dan ketiga!

Ada kalanya perasaan ingin buang air kecil itu muncul lagi saat baru saja keluar dari kamar mandi, sehingga ibu hamil sebaiknya kamarnya tidak jauh dari toilet agar tidak lelah bolak-balik.

6.        Moody Dan Sensitif

Ada kalanya ibu hamil menjadi sangat moody atau sensitif, jangan merasa tertekan dengan hal ini karena ini biasa terjadi! Cara meredamnya adalah dengan memperbanyak aktivitas yang menyenangkan hati dan membangun suasana ceria, banyak baca quran dan mendekatkan diri pada Allah agar lebih ikhlas.

Bagaimanapun ibu hamil harus ingat bahwa perasaan yang dipendam selama kehamilan bisa jadi berpengaruh terhadap karakter sang buah hati setelah lahir nanti!

7.        Perasaan Sesak Nafas Dan Serba Salah Posisi Tidur

Semakin tua usia kehamilan, maka ibu hamil akan merasakan sesak nafas dan bingung menentukan posisi tidur. Ini tentu saja disebabkan si buah hati sudah semakin besar, makin pintar menendang-nendang, pandai berputar-putar dalam rahim, dan tentu saja ibunda harus mensyukurinya!

Semakin disyukuri, maka perasaan sesak dan serba salah tidur akan bisa dinikmati sebagai perjuangan seorang ibu yang akan dibayar surga oleh Allah.

8.        Perasaan Gatal Di Perut, Kaki Dan Dada

Biasanya perasaan gatal ini merupakan tanda-tanda akan munculnya stretch mark, akan tetapi tak usah khawatir, selama bisa mengurangi intensitas garukan, in syaa Allah stretch mark yang muncul akan bisa dihilangkan setelah persalinan.

9.        Badan Terutama Kaki Membengkak

Memang ada ibu hamil yang badannya tetap kecil hanya perut yang membuncit ke depan, tapi biasanya banyak yang mengalami penambahan berat badan, pelebaran dada, panggul, serta pembengkakan pada kaki.

Jangan merasa cemas apalagi tidak percaya diri karena justru ibu hamil akan terlihat lebih menarik.

10.      Air Susu Mulai Keluar Merembes Sebelum Janin Lahir

Sebaiknya para ibu hamil melakukan pijatan dada guna memastikan ASI keluar begitu bayi dilahirkan, pijatan ini dilakukan oleh diri sendiri sejak usia kehamilan 3 bulan. Caranya bisa dengan menarik puting keluar dan berbagai gerakan lainnya yang bisa dipelajari secara khusus.

11.        Hari Perkiraan Lahir Mundur Jauh

Banyak yang mengalami kelahiran jauh mundur dari HPL yang diberitahukan dokter atau bidan. Semestinya di usia 36 minggu janin sudah waktunya untuk persalinan, akan tetapi biasanya kehamilan anak pertama lahir di atas 36 minggu.

Bersabarlah menunggu kontraksi atau perasaan mulas, karena banyak wanita yang kurang bersabar dan memilih untuk diinduksi, biasanya berakhir di ruang operasi.

Memasuki usia janin 35 minggu memang sebaiknya USG atau pemeriksaan kehamilan dilakukan lebih sering untuk mengetahui dan mengontrol kondisi bayi, apakah ketuban dan plasentanya masih dalam kondisi baik, posisi bayi sudah turunkah, serta kondisi berat badan dan detak jantung bayi.

12.      Kelahiran Bayi Banyak Yang Diawali Dengan Mulas BAB

Tak perlu takut, ketika merasakan mulas ingin buang air besar, banyak yang setelah itu melakukan persalinan karena kepala bayi ikut turun. Tidak jarang ibu yang buang air besar di ruang persalinan terlebih dahulu dalam posisi tiduran, ini adalah hal yang lazim dan tak perlu merasa malu.


Demikianlah beberapa hal yang bisa mengejutkan ibu hamil anak pertama, semoga tidak lantas membuat wanita enggan hamil, tapi justru makin meresapi dan mensyukuri perannya yang luar biasa sebagai seorang

No comments:

Powered by Blogger.