Header Ads

Berita Terbaru
recent

Hamil dengan Rahim Terbalik Retrofleksi


Rahim merupakan tempat dimana janin tumbuh dan berkembang. Normalnya, rahim terletak cenderung condong ke arah perut atau tegak terhadap pelvis. Tapi, bila posisi rahim letaknya membelakangi pelvis maka disebut dengan rahim terbalik atau rebah. Kondisi ini bisa disebabkan karena tertekuk atau rebah ke belakang.

Rahim terbalik bisa terjadi bila rahim tidak pernah dikembalikan ke posisi yang benar selama masih anak-anak atau memasuki usia dewasa. Selain itu, penyebab lainnya adalah endometriosis atau uterine fibroid yang bisa mengakibatkan parut atau bintil-bintil yang bisa merubah posisi rahim.

Kebanyakan wanita tidak menyadari bahwa posisi rahimnya rebah sebelum merasakan adanya keluhan, seperti sakit saat berhubungan seks atau haid, infeksi saluran kencing. mudah ngompol, dan keluhan ketidaksuburan. Sebagian besar kasus rahim terbalik ditemukan saat dilakukan pemeriksaan oleh ginekolog.

Pada rahim yang normal, posisinya akan sedikit menekuk ke depan sehingga searah dengan keluarnya sperma dan sperma dapat langsung berenang ke dalam rahim untuk mencapai sel telur. Sementara pada wanita yang rahimnya terbalik, posisi rahimnya menekuk ke belakang sehingga mulut rahim posisiny tidak pas dengan arah datangnya sperma. Kondisi ini menyebabkan sperma lebih sulit masuk ke dalam rahim.

Kelainan pada rahim ini tidak selalu menyebabkan wanita sulit mendapat momongan. Sperma masih bisa mencapai sel telur supaya terjadi pembuahan.

Caranya, lakukan posisi doggy-style saat bercinta dengan pasangan sehingga ujung penis bisa menghadap ke mulut rahim Anda. Posisi ini membuat sperma mengarah ke mulut rahim lalu menuju sel telur.

Jangan langsung berbalik setelah terjadi ejakulasi. Tahan selama 10 sampai 15 menit pada posisi yang sama supaya sperma bisa berenang mencari sel telur. Usahakan untuk melakukan hubungan seks saat Anda sedang dalam masa subur guna meningkatkan peluang kehamilan.


Meski begitu, sebaiknya segera periksakan kondisi rahim Anda ke dokter. Selain itu, lakukan pula olahraga dengan gerakan menarik lutut ke dada guna memperbaiki letak rahim.


No comments:

Powered by Blogger.